AtjehNasionalNews

4 Tahun Kepemimpinan Aminullah-Zainal, Ini Capaian Diskominfotik untuk Banda Aceh

×

4 Tahun Kepemimpinan Aminullah-Zainal, Ini Capaian Diskominfotik untuk Banda Aceh

Sebarkan artikel ini

Banda Aceh – Rabu 7 Juli 2021, tepat 4 tahun kepemimpinan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota Zainal Arifin memimpin Kota Banda Aceh. Capaian demi capaian telah diraih, perubahan demi perubahan juga terus diwujudkan demi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah.

Kemajuan Banda Aceh dalam 4 tahun masa kepemimpinan Aminullah-Zainal diraih pada berbagai sektor. Mulai dari transportasi umum, pelayanan publik, infrastruktur, tata kelola kepemerintahan yang baik serta sarana dan prasarana umum lainnya sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Banda Aceh.

Salah satu sektor yang turut mengalami kemajuan yang berarti adalah sektor Komunikasi Informatika dan Statistik, yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh selama 1 (satu) tahun terakhir, terlebih kemajuan tersebut diraih ketika pandemi Covid-19 melanda.

Capaian tersebut diantaranya memberikan informasi yang masif kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Banda Aceh serta informasi publik lainnya. Di sisi lain, Diskominfotik Kota Banda Aceh melakukan kerja sama dengan Kementerian Kominfo terkait literasi digital, penanganan informasi hoax melalui situs yang terkoneksi langsung dengan situs Kementerian Kominfo RI.

Di sisi Electronic Government (E-Govt) telah dilakukan pembangunan dan implementasi aplikasi presensi elektronik, pemberlakuan digital signature pada aplikasi persuratan elektronik melakukan upgrade dan update aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta Aplikasi Pemberitaan Sinergi.

Wali Kota Banda Aceh juga telah meraih Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Award tahun 2020 sebagai Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran Terbaik se Indonesia, melalui Program Banda Aceh Traffic Update dan Wali Kota Menjawab.
Selain pencapaian pada program Smart City yang diawali terpilihnya Kota Banda Aceh pada tanggal 22 Februari 2019 sebagai kota yang dinilai dalam program gerakan menuju 100 Smart City, dan menerima penghargaan dari Kementerian Kominfo, respon yang sangat baik kita peroleh pada saat tinjauan lapangan (field evaluation) Smart City secara Daring terhadap 6 dimensi Smart City oleh tim dari Kementerian Kominfo.

Adapun di bidang Statistik Kota Banda Aceh juga telah menyelesaikan tahapan akhir dari implementasi satu data Indonesia, setelah koordinasi masif dengan Kementerian PPN/Bappenas, keseluruhan data OPD yang sudah diinput dalam portal Open Data Banda Aceh, semuanya sudah ditarik dan tersedia dalam portal satu data Indonesia di url data.go.id. serta Program 1 data (statistik). Semua data prioritas yang dalam periode 5 (lima) tahun terakhir juga sudah tersaji dan dapat dilihat pada portal Open Data Banda Aceh.

Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh Fadhil S.Sos, MM berharap dinasnya akan melakukan percepatan penyelesaian infrastruktur SPBE.

“Untuk kedepan kita punya target untuk mempercepat penyelesaian infrastruktur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) berupa Arsitektur SPBE dan juga jaringan Intranet berbasis Fiber Optik (FO) di seluruh SKPD dan juga memperkuat Pengamanan Data dan Informasi dan juga pengembangan Aplikasi dan akhirnya juga yang tidak kalah penting memperkuat Literasi Digital di Kota Banda Aceh ini,” harap Fadhil. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *