AtjehNasionalNews

Empat Tahun Aminullah-Zainal, Disdukcapil Kota Banda Aceh Berinovasi Ke Pelayanan Digital

×

Empat Tahun Aminullah-Zainal, Disdukcapil Kota Banda Aceh Berinovasi Ke Pelayanan Digital

Sebarkan artikel ini

Banda Aceh- Terwujudnya sistem pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang tertib, akurat dan dinamis di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh tidak terlepas atas pengawasan dan dukungan Wali Kota Banda Aceh dan Wakil Wali Kota Banda Aceh.

Pada Hari ini tepat empat tahun masa kepemimpinan H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM dan Drs.H.Zainal Arifin tentunya telah banyak pencapaian, terobosan dan penghargaan yang didapatkan oleh Disdukcapil Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh, Dra. Emila Sovayana mengatakan selama ini terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Kata Emila, selama pemerintahan Aminullah-Zainal telah banyak terobosan-terobosan yang diciptakan oleh Disdukcapil Kota Banda Aceh dalam memberikan pelayanan dalam memudahkan masyarakat Kota Banda Aceh baik secara manual bahkan menciptakan pelayanan digital.

“Alhamdulillah berkat dukungan bapak Aminullah-Zainal kita sudah menjalankan pelayanan yang prima kepada masyarakat lewat program-program yang sudah kita buat seperti antrian online, akta kelahiran online, akta kematian online, door to door akta kelahiran, program Jebol (Jemput bola) ke sekolah dan gampong untuk pembuatan dokumen kependudukan, lalu ada program pelangi (Pelayanan langsung jadi), perekaman KTP ke sekolah, perekaman ke RS dan RSJ, perekaman penduduk uzur, perjanjian kerja sama (PKS) dengan Rumah sakit atau Klinik Bersalin, pengarsipan digital,kemudian ada aplikasi pelayanan kependudukan mobile SEKEJAP dan CERIA KIA (PKS dengan sekolah TK/PAUD) dalam rangka percepatan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA),” Kata Emila.

Saat ini, dukungan dan pengawasan yang telah diberikan oleh walikota-wakil walikota kepada Disdukcapil Kota Banda Aceh baik dukungan sarana prasarana juga dukungan moril telah mengantarkan Kota Banda Aceh dengan pemenuhan perekaman KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran melebihi angka target nasional.

“Saat ini warga Kota Banda Aceh yang memiliki KTP sudah mencapai 99,60% target nasional nya 99%, untuk KIA mencapai 70% yang diminta nasional 30% dan akta kelahiran mencapai 95,84% target nasional 95%,” kata Emila.

Tidak hanya itu, penghargaan-penghargaan dari kementerian dan lembaga juga diraih oleh Disdukcapil Kota Banda Aceh.

“Setiap tahunnya alhamdulillah kita dapat penghargaan baik dari kementrian dan lembaga seperti pada tahun 2017-2020 sebagai role model penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik oleh Menpan RB dan pada tahun 2020 mendapatkan penghargaan sebagai organisasi perangkat daerah yang berinovasi pada masa pandemi Covid-19 oleh Ombudsman Perwakilan Aceh serta masih banyak penghargaan lainnya,” kata Emila.

Emila menambahkan, semua capaian yang telah diraih oleh Disdukcapil Kota Banda Aceh tidak terlepas atas arahan, bimbingan dan dukungan Aminullah-Zainal sehingga Disdukcapil Kota Banda Aceh mampu memberikan pelayanan yang prima dan membahagiakan bagi warga Kota Banda Aceh. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *