AtjehNasionalNews

Kebangkitan Budaya Literasi Masa Kepemimpinan Aminullah- Zainal

×

Kebangkitan Budaya Literasi Masa Kepemimpinan Aminullah- Zainal

Sebarkan artikel ini

Banda Aceh – Pada masa kepemimpinan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, S. E, Ak, MM dan Wakil Wali Kota Drs. H. Zainal Arifin selama 4 tahun, telah banyak prestasi yang diperoleh oleh pasangan yang memiliki Visi mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariat, berbagai program-program pro-rakyat yang dijanjikan saat kampanye telah banyak direalisasikan, diantaranya adalah yang tertuang dalam misi ke dua yaitu “Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga”.

Dengan berbagai program-program strategis dan inovatif yang telah direalisasikan tersebut, telah banyak prestasi-prestasi yang diperoleh baik tingkat provinsi maupun nasional.

Dalam rangka pengembangan budaya literasi kepada masyarakat Kota Banda Aceh baik melalui Pelayanan Perpustakaan maupun Pengelolaan Kearsipan, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh telah banyak melakukan berbagai terobosan dalam upaya mewujudkan Banda Aceh sebagai Barometer Kota Literasi di Provinsi Aceh.

Kepala Dispersip Kota Banda Aceh Alimsyah, S.Pd, MS menjabarkan prestasi-prestasi yang telah diperoleh Pemerintah Kota Banda Aceh selama 4 tahun di bawah kepemimpinan Amin-Zainal khususnya dalam bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

“Pada Bidang Perpustakaan selama tahun 2018 pernah meraih Juara 1 Nasional Lomba Pustakawan terbaik tingkat SMP, Juara 1 Pustakawan Terbaik Tingkat SMA Se Provinsi Aceh, Juara Harapan 1 Storytelling Siswa Tingkat SD/MI Se Provinsi Aceh, Juara Harapan Pengelola Perpustakaan Gampong Se Provinsi Aceh,” kata Alimsyah.

Tidak hanya itu, pada tahun 2019 sampai dengan 2021 pernah mendapatkan sejumlah prestasi diantaranya; Juara 2 Lomba Bercerita Siswa Tingkat SD/MI Se Provinsi Aceh Tahun 2019, Juara Umum Lomba Literasi se Provinsi Aceh Tahun 2020, Juara 1 Story Telling Siswa Tingkat SD/MI se Provinsi Aceh Tahun 2020, Juara Harapan 1 Lomba Pustaka Gampong se Provinsi Aceh Tahun 2020, Juara 2 Perpustakaan sekolah Tingkat SMA/MA se Provinsi Aceh Tahun 2020, Juara 2 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMA/MA Se Provinsi Aceh Tahun 2021.

“Ditambah dengan terlaksananya Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah representatif tahun anggaran 2021 dalam rangka mendukung meningkatnya minat dan budaya baca kepada masyarakat Kota Banda Aceh, Peningkatan budaya baca dikalangan masyarakat melalui penyediaan pojok baca pada tempat-tempat pelayanan publik serta terlaksananya kegiatan literasi ekonomi syariah bekerjasama dengan Bank Indonesia Provinsi Aceh serta menghadirkan narasumber nasional di beberapa masjid,” tambahnya.

Sama halnya dengan perpustakaan, pada Bidang Kearsipan beberapa capaian yang telah diraih oleh Dispersip Kota Banda Aceh yaitu, terlaksananya pembinaan kearsipan pada OPD di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh di tahun 2019, tersedianya informasi arsip yang autentik melalui Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN} dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) di tahun 2020.

Dalam Mengusung visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah, Aminullah Usman dan Zainal Arifin terus memberikan ide-ide kreatif dan inovatif serta berbagai terobosan dalam pengembangan budaya literasi kepada masyarakat dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Tentunya dengan ide-ide cemerlang pasangan Gemilang Amin-Zainal, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang akan mendapatkan berbagai prestasi dan kemajuan lainnya di bidang pelayanan perpustakaan maupun pengelolaan kearsipan untuk terwujudnya Kota Banda Aceh yang semakin Gemilang dalam Bingkai Syariah. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *