AtjehNasionalNews

Empat Tahun Kepemimpinan Aminullah–Zainal, Indeks Keluarga Sehat Kota Banda Aceh Terus Meningkat

×

Empat Tahun Kepemimpinan Aminullah–Zainal, Indeks Keluarga Sehat Kota Banda Aceh Terus Meningkat

Sebarkan artikel ini

Banda Aceh – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Zainal Arifin telah mengantarkan Kota Banda Aceh menorehkan banyak penghargaan di bawah kepemimpinannya. Empat tahun menjabat, Aminullah–Zainal juga melakukan berbagai terobosan positif dibidang kesehatan.

Peningkatan derajat kesehatan masyarakat merupakan tolok ukur keberhasilan dari kepemimpinan Aminullah–Zainal. Melalui Program Indonesia Sehat yang telah dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI. Keberhasilan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga diukur dengan Indeks Keluarga Sehat dengan 12 indikator. Semakin banyak indikator yang dapat dipenuhi oleh suatu keluarga maka status keluarga tersebut akan mengarah kepada Keluarga Sehat. Semakin banyak keluarga yang mencapai status Keluarga Sehat, maka akan semakin dekat tercapainya Indonesia Sehat.

Diawal masa kepemimpinan Aminullah-Zainal, Indeks Keluarga Sehat Kota Banda Aceh (IKS) berada di angka 0,38. Angka ini menunjukkan Indeks Keluarga Sehat (IKS) Kota Banda Aceh berada di kategori tidak sehat. Di tahun 2021, empat tahun kepemimpinan Aminullah-Zainal, IKS Kota Banda Aceh meningkat ke kategori pra sehat di angka 0,56. Pemko Banda Aceh terus berupaya merealisasikan target IKS Kota Banda Aceh di angka 0,80 atau berada dikategori sehat.

Selain peningkatan indeks keluarga sehat, terdapat berbagai penghargaan bidang kesehatan di masa kepemimpinan Aminullah Zainal.

Diantaranya, pada tahun 2017, Kota Banda Aceh meraih penghargaan Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan yang diberikan kepada daerah yang sudah mempunyai Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Pada 19 Oktober 2018, Kota Banda Aceh meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan ini diberikan kepada Kab/Kot yang dinilai berhasil menjadi daerah Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air sembarangan.

Tahun 2019, Kota Banda Aceh meraih penghargaan penggunaan Aplikasi e-Logistik terbaik dari Kementerian Kesehatan. Kemudian, Kota Banda Aceh meraih penghargaan capaian tertinggi cakupan dan keberhasilan pengobatan tuberkolosis TB se-Indonesia dari Kementerian Kesehatan. Juga meraih penghargaan Kota Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dari Pemerintah Aceh.

Masih pada tahun 2019, Kota Banda Aceh meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba kategori Padapa dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan dan Puskesmas Meuraxa Kota Banda Aceh meraih penghargaan Puskesmas dengan pelayanan ramah anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penghargaan ini diberikan kepada Puskesmas yang memenuhi indikator dan terverifikasi sebagai Puskesmas dengan pelayanan ramah anak. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *