AtjehNasionalNews

Anggota Badan Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh Bekali Tenaga Profesional

×

Anggota Badan Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh Bekali Tenaga Profesional

Sebarkan artikel ini

Banda Aceh – Sebanyak 15 orang tenaga profesional mengikuti pembekalan sosialisasi zakat di Aula Baitul Mal Kota Banda Aceh, Kamis (8/7/2021). Kegiatan pembekalan dipandu oleh anggota badan Suria Darma S.Pd.I  didampingi oleh Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh Asqalani, S. TH, MH dan Aisyah M. Ali, M.Pd.

Dalam pemaparannya Suria menjelaskan bahwa kedepan kegiatan ini akan dilaksanakan berkala setiap minggunya. Hal ini sebagai upaya memperkuat pemahaman mengenai zakat dan lembaga Baitul Mal Banda Aceh sehingga para tenaga profesional mampu terjun ke lapangan dengan pengetahuan yang luas dan kesiapan yang matang.

“Dalam melakukan tugas, hal yang paling utama adalah memantapkan niat karena bekerja sebagai amil zakat merupakan tugas yang sangat mulia dan bernilai ibadah” tuturnya.

Suria menambahkan bahwa hal yang harus diperhatikan sebelum turun ke lapangan adalah memetakan wilayah yang akan disasar dengan dua cara yaitu sistematis dan sporadis. Cara sistematis meliputi wilayah kerja perkecamatan dan cara sporadis adalah dengan mensosialisasikan zakat kepada calon muzakki yang mempunyai hubungan kerabat atau orang terdekat. Setelah pemetaan, barulah mudah mengatur strategi untuk menarik minat masyarakat agar mau menyerahkan zakatnya ke lembaga Baitul Mal.

Dalam diskusi yang berlangsung seru itu, tampak para tenaga profesional sangat antusias bertanya dan menceritakan pengalaman yang mereka alami di lapangan. Salah satu peserta diskusi Khalis Gunawan bertanya mengenai nisab zakat emas dan cara perhitungannya.

Dalam sesi tanya jawab, Ketua Badan Baitul Mal Banda Aceh Asqalani juga menambahkan mengenai pentingnya mengetahui sumber harta yang akan dikeluarkan oleh muzakki ketika hendak berzakat. (MW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *